Selasa, 06 Mei 2008

Metris, Solusi Terbaru dalam Berhitung


Metris lahir dari keinginan untuk memecahkan permasalahan yang paling mendasar dari pendidikan matematika. Yakni dengan membangkitkan rasa percaya diri siswa terhadap kemampuan numerik dan logika serta kreativitas siswa dalam memecahkan soal.


Di dalam Matris, terdapat tahap-tahap pendidikan aritmatika yang terstruktur, yaitu Tahap Pengenalan Bilangan, Tahap Perhitungan Tradisional, Tahap Perhitungan Mental, dan Tahap Kreativitas.

Dua tahap pertama, pengenalan bilangan dan Perhitungan Tradisional, biasanya telah diajarkan di sekolah formal. Namun, untuk Tahap Perhitungan Mental dan Tahap Kreativitas, biasanya belum diajarkan dengan baik.

Dalam Tahap Perhitungan Mental, siswa dituntun untuk menerapkan strategi berhitung secara konsisten dan mampu memvisualisasikannya. Dalam tahap ini, siswa akan merasakan peningkatan daya konsentrasi, membangun ingatan, dan yang terpenting adalah tumbuhnya kepercayaan diri akan kemampuan matematika dan kemudia mulai mengeksplorasi soal-soal matematika yang ada.

Sedangkan dalam Tahap Kreativitas, mula-mula anak diajarkan untuk menurunkan setiap formula yang telah mereka pakai dalam tahap sebelumnya. Selanjutnya, mereka diajarkan bagaimana untuk memodifikasi formula-formula tersebut untuk mempercepat dan mempermudah penghitungan. Dalam tahap ini, siswa akan mampu memecahkan setiap persoalan matematika dengan kreatif, mampu melihat hubungan antara bentuk yang satu dengan bentuk yang lain. Tentunya hal ini akan membuat mereka semakin yakin dengan kemampuannya sehingga tidak mudah menyerah ketika menghadapi soal-soal yang baru.

Penasaran ingin mencobanya? Aa. SIG memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai Metris ini dalam buku MetrisTM Strategi Berhitung Terbaru dan Tercepat yang diterbitkan oleh KawanPustaka.

Buku ini berisikan segala hal yang berkaitan dengan Metris. Mulai dari notasi pagar, perkalian dua digit (smiling face), PORTAL khusus, pergeseran dan rotasi PORTAL, perkalian tiga digit atau lebih, perkalian referensi tetap, perkalian referensi besar & kecil, hingga perkalian referensi tengah.


Friends's Comments
Thanks for your attention

RELATED ARTICLES



 
   Powered by    Blogger     Think CoW      METRIS